Rabu, 29 April 2009

Sekolah Hapus Ekstrakurikuler Pramuka untuk Tekan Biaya

Sekolah Hapus Ekstrakurikuler Pramuka untuk Tekan Biaya

SEMARANG-Sebanyak 30 SMP dan SMA se-Jawa Tengah mengikuti Lomba Galang Tegak Trisula Trisakti Teladan VII, Minggu (8/3), di SMA Negeri 5 Semarang Jl Pemuda.

Dalam lomba yang diikuti oleh 16 SMP dan 14 SMA dari Semarang, Kendal, Demak dan Kabupaten Semarang tersebut, SMA Negeri 3 Semarang keluar sebagai juara umum untuk tingkat penegak, dan SMP Negeri 1 Semarang untuk tingkat penggalang.

Menurut Suprihationo, pembina pramuka SMAN 5 Semarang, lomba yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali oleh Ambalan Trisula Trisakti SMAN 5 ini tak hanya mengasah ketrampilan dan wawasan dalam berpramuka tapi juga kemampuan dalam bermusik, bermain drama, dan menciptakan teknologi tepat guna.

Untuk lomba tahun ini, panitia juga mengadakan temu pembina sebagai ajang berbagi pengalaman, serta pelatihan pembuatan email dan blog.

Peserta Menurun
Dia menambahkan, tahun ini jumlah peserta lomba menurun dibanding tahun lalu yang diikuti oleh 28 SMP dan 16 SMA. Penyebabnya bukan karena peminat ekstrakurikuler pramuka berkurang, tapi karena banyak sekolah yang menghapus ekstrakurikuler pramuka dengan alasan dana.

”Sejak adanya program sekolah gratis untuk tingkat SMP, banyak sekolah yang menghapus ekstra pramuka karena tidak boleh terlalu banyak memungut biaya pada orangtua siswa. Akibatnya, banyak sekolah yang tidak punya ekstrakurikuler,” ujarnya.

Sementara itu M Galih Swastandhi selaku ketua pelaksana mengatakan, untuk juara favorit tingkat penggalang diraih SMPN 15 Semarang, dan tingkat penegak SMAN 1 Demak.

Untuk kelompok putra tingkat penegak juara I diraih SMAN 3 Semarang, juara II SMAN 4 Semarang, dan juara III SMAN 1 Demak. Sedangkan juara I kelompok putri tingkat penegak dimenangkan SMAN 4 Semarang, juara II SMAN 3 Semarang, dan juara III SMAN 2 Mranggen.

Untuk kelompok putra tingkat penggalang, juara I diraih SMPN 1 Semarang, juara II SMPN 18 Semarang, juara III SMPN 2 Mranggen. Sementara untuk kelompok putri juara I diraih SMPN 1 Semarang, juara II SMPN 29 Semarang, dan juara III SMPN 18 Semarang. (J8-45). Suara Merdeka 11 Maret 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar